Tips Cara Memilih Keramik Lantai, Dapur & Kamar Mandi

HargaMaterialBangunan.com, kali ini akan membahas tentang Tips Cara Memilih Keramik Lantai, Dapur & Kamar Mandi. Selamat membaca dan jika rekan-rekan berkenan untuk membagikan ulasan ini, maka tidak ada salahnya untuk membagikannya di tombol share yang telah disediakan.

Cara Memilih Keramik – Keramik adalah benda yang terbuat dari tanah liat yang mana banyak dijadikan sebagai berbagai macam kerajinan tangan seperti vas bunga dan guci, hingga peralatan dapur seperti cangkir dan piring. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan desain interior, pada akhirnya keramik pun menjadi kerap diimplementasikan sebagai aneka macam bahan bangunan. Dan adapun material-material bangunan yang terbuat dari keramik antara lain wastafel cuci piring dan cuci tangan, kloset kamar mandi, kitchen set dan lain sebagainya.
tips cara memilih keramik dinding dapur, pasang, lantai, untuk teras, rumah minimalis, sesuai fungsi ruangan, rumah kecil, ukuran keramik lantai rumah minimalis, warna keramik lantai ruang tamu, warna keramik dapur mungil, keramik untuk teras rumah, tangga, model kamar mandi, meja dapur, keramik dinding kamar mandi, desain keramik sederhana kombinasi, merk roman, harga ubin, model / motif keramik lantai terbaru buat rumah yang bagus, harga keramik dinding dapur, jenis keramik dinding yang baik, berkualitas, benar, sempit.
Tips Cara Memilih Keramik Lantai / Dinding (Image Via kompas.com)
Tidak hanya seringkali dijadikan sebagai beberapa material bangunan seperti yang telah dituliskan di atas. Akan tetapi, saat ini keramik sudah umum diaplikasikan menjadi material yang berperan sebagai pelapis lantai maupun dinding. Namun seringkali kita ragu dalam mempertimbangkan berbagai hal khususnya merk, ukuran, serta warna dari keramik itu sendiri. Itu sebabnya tidak sedikit yang mencari tips memilih keramik lantai, dapur dan kamar mandi. Berdasarkan merk, ada bermacam-macam merk yang sering kita jumpai di toko bangunan yaitu seperti Roman, Granito, Milan, Platinum dan lain-lain. 

Beberapa  merk tersebut kerap dipilih mungkin karena kualitasnya yang terbilang cukup menjanjikan. Disamping itu, sama halnya dengan merk, keramik juga memiliki beberapa ukuran. Mulai dari 40×40, 60×60, 30×60 dan masih banyak lagi ukuran-ukuran lainnya. Sedangkan untuk warna, tentu setiap warna sangat mempengaruhi tampilan sebuah ruangan. Dimana alangkah baiknya jika warna keramik lantai maupun dinding lebih disesuaikan dengan warna-warna lain yang ada di dalam ruangan. Terlepas dari itu, untuk lebih lengkapnya lagi mengenai tips memilih keramik lantai lantai, dapur dan kamar mandi, berikut ringkasan informasinya;

Tips Cara Memilih Keramik Lantai / Dinding

1.Menyesuaikan Anggaran dan Kebutuhan

Memilih keramik dengan merk biasa namun memiliki kualitas dan desain atau motif yang tidak jauh beda dengan merk keramik yang mempunyai kualitas tinggi adalah salah satu tips yang sangat tepat. Pastikan keramik sesuai dengan kebutuhan dan budged yang dimiliki. Memperhitungkan dimana keramik yang hendak dipasang, mungkin akan sedikit membantu dalam menentukan keramik dengan harga berapa yang akan dipergunakan. 

Karena tidak menutup kemungkinan bahwa kita akan seringkali menghabiskan waktu pada ruang tamu maupun ruang keluarga, maka ada baiknya jika keramik yang dipasang kedua ruangan ini kualitas lebih tinggi dibandingkan dengan keramik yang dipasang pada dapur dan kamar mandi.

2.Ukuran & Tonality Dalam Satu Ruangan

Pemilihan ukuran dan tonality tergolong sebagai salah satu hal terpenting agar bisa tercapainya suasana yang indah, sehingga mampu menciptakan kenyamanan saat mendiami suatu ruangan. Penyesuaian warna dan ukuran mungkin dapat membantu setiap konsumen saat memilih keramik mana yang cocok untuk suatu ruangan keluarga, dapur atau kamar mandi.

3.Memilih Toko / Garansi

Adanya layanan garansi pada beberapa toko juga perlu dipertimbangkan. Dengan adanya garansi dapat menjamin setiap keramik yang dijual, terutama jika  ada beberapa keramik yang retak atau cacat. Itu sebabnya, bisa dibilang bahwa garansi adalah salah satu tips dalam memilih keramik lantai, dapur dan kamar mandi.

4.Memilih permukaan

Glasur pada lantai keramik memiliki beberapa jenis, seperti glossy (mengkilap), satting (berserat), matte atau bertekstur. Untuk ruangan tertentu, misalkan kamar mandi, rasanya akan kuran cocok jika anda menggunakan lantai keramik dengan tekstur halus / rata. Bisa demikian, sebab keramik yang memiliki tekstur halus akan berbahaya jika diaplikasikan pada tempat yang seringkali digenangi air, khususnya kamar mandi. Dengan kata lain, perbedaan jenis keramik yang merujuk pada kegunaannya untuk setiap ruangan berdasarkan jenisnya, juga tergolong sebagai salah satu tips memilih keramik.

Beberapa tips memilih keramik lantai seperti yang telah disampaikan adalah ringkasan yang berhasil dikutip dari berbagai sumber. Karena merupakan sebuah asumsi yang diutarakan oleh beberapa pihak, maka bukan berarti bahwa rangkuman di atas adalah tips yang terbaik. Meski demikian, namun beberapa tips dalam memilih keramik lantai, dapur dan kamar mandi seperti yang telah disajikan, setidaknya masih bisa dijadikan sebagai patokan ketika hendak memilih keramik yang akan dibeli dan kemudian dipasang pada bagian dalam maupun luar ruangan rumah.